Tuesday, December 2, 2008

[Step by step] “Bagaimana Konsep Memulai Bisnis ONLINE”

1. Pelajari pangsa pasar dan kebutuhan orang-orang di Internet
Internet adalah jaringan komunikasi global dan semua informasi didalamnya tidak dapat begitu saja dicerna oleh kita. Tentukan jenis bisnis atau usaha yang ingin kita jual di internet.

2. Pelajari dasar-dasar membuat website
Dasar penguasaan yang kita butuhkan dalam membuat dan publikasi website internet adalah kurang lebih mengerti bahasa HTML dan CSS. Bahasa HTML sangat mudah dipelajari, yang diperlukan hanyalah mengenal kode-kode yang dibutuhkan dalam publikasi halaman website yang pada umumnya.

3. Web Hosting dan Domain
Web hosting adalah tempat untuk memasukkan isi informasi yang terdapat pada website kita. Domain adalah alamat situs kita di Internet. Anggap seperti kita ingin membuka bisnis, kita butuh nama toko dan alamat tempat usaha ataupun situs yang hanya berisi informasi mengenai produk / iklan yang ditawarkan.

4. Rancang situs yang simpel dan menarik (Website Development Plan)
Apakah yang dibutuhkan pengunjung untuk betah berlama-lama mengunjungi situs kita? Kita harus ingat kunci utama merancang situs yang profesional = 80% isi (content) dan sisanya 20% dari desain. Untuk apa desain yang keren-keren, tetapi pengunjung dikit? Kita bukan Programmer ataupun Web Desainer? Kita dapat membayar/menyewa web desainer/developer handal. Ingin FREE? > manfaatkan teknologi Open Source CMS, banyak Script-Script yang sudah jadi dan siap diinstall pada web hosting seperti WordPress, Mambo, Joomla, dan lain-lain. Contohnya dapat dilihat pada www.hotscripts.com.
Disini kita perlu menuliskan semua hal yang berhubungan dengan pembuatan websitenya, dalam hal desain dan coding dari website.
Diantaranya pada pengembangan website development ada beberapa hal seperti :
1.Siapa yang akan mengerjakan aspek desain dari website?
2.Siapa yang akan mengerjakan aspek pembuatan / coding dari website?
3.Berapa budget / alokasi dana yang disediakan untuk pembuatan website?
4.Berapa lama waktu yang dialokasikan untuk pembuatan website?
5.Bagaimana bentuk layout dari website?
6.Bagaimana struktur menu dari website?
7.Bagaimana cara menampilkan produk (seberapa besar ukuran foto produk) di website?
8.Apakah website dibuat dengan Wordpress atau aplikasi OpenSource lainnya?
9.Siapa yang akan mengupdate isi dari content website secara berkesinambungan?
10.Dari mana diperoleh isi content di website?
11.Jika membuat toko online, perlu diperhatikan mengenai software shopping cart yang digunakan.
12.Kemudian bagaimana cara pembayaran (transaksi) melalui online / website?
13.Jika menggunakan kartu kredit, payment processor mana yang akan digunakan?
Berapa prosentase charging fee yang dibebankan?
14.Bagaimana cara menghubungi customer service di website? Pada pukul berapa operasional dari customer service?
15.Apakah di website perlu dibuatkan FAQ (Frequently Asked Question) dan testimony dari pengunjung ataupun forum (Forum Marketing)?

5. Jagalah kredibilitas Situs Kita
Peniruan isi / content situs orang lain adalah pekerjaan yang tidak profesional. Maka jaga kualitas dan originalitas isi website kita. Usahakan agar situs kita dapat memberikan service dan keuntungan yang bernilai jual tinggi bagi pengunjung.

6. Cari Traffic atau Pengunjung sebanyak-banyaknya (Strategi Traffic Generation)
Ada banyak cara promosi di internet, temukanlah cara yang paling efisien dan tepat sasaran pengunjung (Target Market) kita. Tanpa traffic, website menjadi tidak ada manfaatnya. Bentuk jaringan bisnis sebanyak mungkin di Internet. Pergunakanlah sarana Komunitas (Social Networking) yang ada sebagai tahap awal promosi kita. Kunjungi dan banyak diskusi di forum-forum yang sesuai bidang bisnis kita dengan posting yang menarik. Biasanya tiap akhir posting situs, kita dibolehkan memasukkan informasi link situs kita pada signature forum. Tukaran link dengan situs yang punya traffic yang tinggi. Kunjungi situs blog orang lain dan beri komentar yang tidak muluk-muluk dan sewajarnya. Hargai setiap ada peluang meletakkan link diwebsite orang lain. Bahan yang dapat menjadi pertimbangan dalam traffic generation plan :
1.Apakah website akan menitik-beratkan penggunaan strategi Free Traffic (artikel,direktori dan lain-lain) atau Paid Traffic (Banner, iklan, dan sebagainya)? Strategi traffic apa saja yang akan diterapkan?
2.Apakah kita akan melakukan sendiri berbagai strategi mendatangkan traffic atau kita akan melakukan outsource ke pihak ketiga untuk melakukannya?
3.Berapa budget yang dialokasikan untuk traffic generation setiap bulannya?
4.Bagaimana system tracking dan statistic yang diterapkan sehingga kita tahu berapa banyak traffic dari masing – masing sumber?

7. Sering-sering update website Kita
Pikirkan bagaimana cara menarik pengunjung untuk kembali lagi ke website Kita. Perbaharui (update) situs kita dengan berita-berita atau informasi terbaru agar pengunjung suka kembali melihat ke situs kita. Dengan tujuan website kita menjadi referensi utama (knowledge based) untuk mencari produk sejenis.

8. Berikan sesuatu untuk pengunjung, tidak hanya mengharapkan penjualan saja
Dengan hadiah-hadiah undian dan bonus-bonus menarik, maka pengunjung akan sering membantu mempromosikan situs kita pada teman-temannya. Berikan informasi yang menarik, tawaran sepesial, dan sebagainya. Selain berjualan barang atau jasa, usahakan tambahkanlah artikel, berita, atau isi yang berhubungan dengan barang/jasa yang kita jual. Jadikan website kita sebagai ‘knowledge based’ untuk barang/jasa.

9. Daftarkan website kita ke top website direktori
Dengan mendaftarkan website kita ke direktori site yang mempunyai page rank yang tinggi, maka bukan hanya menambahkan pengunjung, kita akan juga mendapatkan ‘inbound link’ yang bagus dari direktori-direktori tersebut yang juga akan meningkatkan page rank website kita di search engine.

10. Buatlah press release tentang bisnis kita tersebut
Kirimkanlah press release tentang bisnis kita tersebut ke banyak media-media online yang berhubungan dengan bisnis atau sesuai dengan barang/jasa yang kita jual.

11. Iklankan website kita ke tempat-tempat iklan gratis
Banyak tempat iklan online yang gratis mulai dari iklan yang dikirim melalui sms, iklan baris dan lain-lain. Kirimkanlah iklan website kita ke situs-situs tersebut.

No comments: