Tuesday, November 25, 2008

E-Business & E-Commerce

Karakteristik utama pada era teknologi informasi saat ini diantaranya adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-business atau ecommerce. Model bisnis ini mempunyai penekanan pada pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless, melalui Electronic Data Interchange (EDI), E-mail, electronic bulletin boards, electronic fund transfer, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan.

Popularitas e-business yang dimulai di awal abad 20 didorong oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu :

1. faktor pasar dan ekonomi, yang mana diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen (bargaining power of buyer) yang semakin bertambah besar,

2. faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik,

3. faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio biaya

teknologi terhadap kinerja.

 

E-commerce memberikan arti dan pengertian yang berbeda dalam berbagai sudut pandang, namun sebetulnya memberikan gambaran tentang sesuatu yang sama, yaitu misalnya :

 

Definisi akademis :

“A way to improve the exchange of goods, services, information, and knowledge using network-enabled technologies…….”

 

Definisi para praktisi :

“Electronic commerce means ‘doing business electronically’ using information and communications technology, such as the internet to do business with consumers, with other

businesses, and even within the boundaries of the firm” (R.Kalakota, 1997)

 

Definisi para pemakai :

“inter organizational e - mail, directories, trading support system for commodities, products, customized pruducts and custombuilt goods and services, ordering and logistic support systems settlement support systems”

 

Definisi generik :

E-economy

‘The virtual arena in which business actually is conducted value is created and exchanged, transactions occur, and one-to-one relationships mature’

E-business

‘Any internet initiative, tactical or strategic, that transforms business relationships, whether those relationships be business-to-consumer, business-to-business, intra-business or even consumer-to-consumer’

E-commerce

‘A particular type of e – business initiative that is focused around individual business trasactions that use that use the net as medium of exchange, including business-to-business as well as business-to-consumer’

 

Electronic Commerce atau disingkat e-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers, dan pedagang perantara  intermediaries) dengan mengunakan jaringan komputer (computer networks), yaitu Internet. E-commerce sudah meliputi seluruh spektrum kegiatan komersial. Meskipun istilah e-commerce baru memperoleh perhatian beberapa tahun terakhir ini, tetapi e-commerce telah muncul dalam berbagai bentuknya sudah lebih dari 20 tahun. Teknologi Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) diperkenalkan untuk pertama kalinya di akhir tahun 1970-an. Pertumbuhan dan penggunaan Credit Cards, Automated Teller Machines, dan Telephone Banking di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk dari e-commerce. E-commerce merupakan bidang yang multidisipliner (multidiscip linary field) yang mencakup bidang-bidang teknik seperti jaringan dan telekomunikasi, pengamanan, penyimpanan dan pengambilan data (retrieval) dari multi media; bidang-bidang bisnis seperti pemasaran (marketing), pembelian dan penjualan (procurement and purchasing), penagihan dan pembayaran (billing and payment), dan manajemen jaringan distribusi (supply chain management); dan aspek-aspek hukum seperti information privacy, hak milik intelektual (intellectual property ), perpajakan (taxation), pembuatan perjanjian dan penyelesaian hukum lainnya.

 

E-commerce memiliki karakteristik diantaranya :

  1. 1.      Terjadi transaksi antara kedua belah pihak (buyer and seller)
  2. 2.      Terdapat pertukaran barang, jasa, atau informasi, dan
  3. 3.      Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme trading tersebut.

No comments: