Wednesday, November 26, 2008

AMAZON.COM




Amazon.com, Inc. didirikan pada tahun 1995 dan berkantor pusat di Seattle, Washington, USA. dengan misi khusus :
‘To use Internet to transform book buying into the fastest, easiest, and most enjoyable shopping experience possible’
Salah satu pioner dalam e-commerce ialah Amazon.com yaitu perusahaan yang pertama-tama menjual buku melalui internet, yang kemudian dikembangkan dengan komoditas lain, yaitu CD, toys. Meskipun koleksi buku yang ditawarkan sekitar 4,5 judul namun perusahaan ini semula tidak mempunyai toko buku atau gudang fisik (Virtual Storefront) dan jumlah persediaan bukunya (inventory) sangat terbatas sekali. Pemasok utama buku-bukunya adalah dua distributor buku terbesar. Amazon.com menjual produk fisik atau jasa secara online dengan pengiriman barang dan jasa non-digital menggunakan sarana-sarana tradisional (seperti jasa pos dan kurir). Amazon.com berhasil memutar modalnya 25 kali setahun sehingga hanya memerlukan keuntungan 5% saja sehingga harga buku-bukunya dapat dikatakan cukup murah. Model e-commerce yang dijalankan Amazon.com ini adalah konsep Business-to-Cunsumer (B2C.) Dimana Amazon.com adalah perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau public untuk digunakan secara langsung.
Amazon.com mempunyai kekuatan dari berbagai execution dan personalisasi dengan menambahkan beberapa feature dan capabilities, termasuk juga untuk solusi mobile shopping, peer reviews, dan juga penawaran social networking, yang terhubung dengan Facebook. Amazon.com menggunakan kemampuan social networking dengan jumlah orang member yang sangat banyak dengan pemahaman yang beragam. Hal ini memungkin pembeli dapat membuat dan mempost profil, menciptakan jaringan dengan teman – teman dan keluarga untuk saling berbagi daftar yang menjadi favorit dan yang diinginkan, membuat forum diskusi berdasarkan “tags” dan kemudian membeli dari link yang ada di Facebook mengenai jaringan review buku. Amazon.com menyediakan yang terbaik dan banyak produk review. Member dari Amazon.com didorong untuk memberikan rating, dengan adanya system rating dan ranking berdasarkan jumlah banyaknya review buku akan membantu member yang lain untuk menemukan pilihannya. Amazon.com merubah review dari pembeli menjadi competitive advantage yang utama, dimana ini menjadi tujuan bagi consumer untuk mencari produk yang mereka ingin beli. Selain itu customer’s experience, sejalan dengan perkembangan jika terdapat produk – produk baru yang cocok atau berkaitan dengan interest profil member database, maka melalui notifikasi (email) customer mendapatkan langsung informasi tentang produk tersebut.
Dewasa ini para pelanggan Amazon.com pada permulaan tahun 2000 sudah berjumlah sekitar 17 juta tersebar lebih di 160 negara. Mereka mengaku mempunyai pilihan terbanyak di dunia dari berbagai macam barang seperti disebutkan di atas. Amazon.com, Inc juga mempunyai perusahaan cabang untuk buku-buku terbitan UK (Amazon.co.uk) dan terbitan Jerman (Amazon.de)
Teknologi baru yang dimungkinkan dengan adanya komputer dan internet sudah mulai berkembang dengan pesat yaitu e-commerce, yang merubah secara mendasar cara-cara retaileran sebelumnya. Dalam hubungan dengan pelaksanaan tugas retailer yaitu memberikan the right product, the right price, the right time dan the right place, teknologi baru ini memberikan tawaran yang sangat maju.
Mengenai the right product, tidak ada satupun retailer model lama (brick-and-mortar outlet) yang dapat menandingi jumlah dan jenis yang ditawarkan oleh Web store yang sudah ada ini. Toko buku terbesar di dunia yaitu Barnes & Nobel di Amerika misalnya, hanya mempunyai koleksi buku di tokonya sebanyak 200.000 judul, sedangkan Amazon.com menawarkan koleksi buku sebanyak 4,5 juta judul yang berlokasi di 25 layar komputer. Mengenai the right price, para pelanggan e-retailer dapat menikmati harga yang lebih kompetitif lagi dibandingkan dengan retailer sebelumnya. Amazon.com misalnya, yang menjual buku, mainan, CD dan sebagainya, mampu meningkatkan peredaran inventory 25 kali dalam satu tahun, sehingga untuk memperoleh ROI (return on investment) sebesar 125%, hanya diperlukan keuntungan sebesar 5% saja, sehingga harga untuk para konsumen sangat kompetitif. Mengenai the right place, para pelanggan tidak perlu meninggalkan rumah untuk membeli dan barang yang dibeli dapat dikirimkan ke alamat mana saja di muka bumi ini dengan cara pengiriman yang dapat dipilih, lambat, agak cepat atau ekspres. Mengenai the right time, memang bagi pembeli yang mengehendaki langsung menerima barang tersebut bersamaan dengan saat pembelian (pembeli lokal), e-retalier tidak menjanjikan kenyamanan itu. Namun bagi pembeli di luar kota, atau di luar negeri, Amazon.com misalnya dapat menawarkan jangka waktu penyerahan antara 2-4 hari untuk dalam negeri dan 4 hari (paling cepat) dan 21 minggu (paling lambat) untuk tujuan di manapun di dunia ini, tentu saja yang dapat dijangkau dengan alat pengangkut biasa. Dari segi pembelian, e-retailer tentu saja terbuka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu
Untuk memberikan gambaran betapa fasilitas e-procurement ini begitu gampang dan cepat, maka dibawah ini diberikan contoh bagaimana cara memesan buku melalui internet kepada Amazon.com tersebut.
1. Click 1 : http://www.amazon.com
• Akan muncul halaman pertama amazon.com dan ada banyak pilihan mengenai barang yang dapat dibeli, yaitu Books, Music, DVD/Video, Electronics, Software, Toys, Video Games, Tools & Hardware, Lawn & Patio, Auctions, zShops, Gift Ideas atau Free E-Cards
• Karena Anda perlu buku, maka click ‘Books’
2. Click 2 : ‘Books’
• Akan nampak pilihan berbagai subject buku secara alphabetis
• Anda dapat mengclick subject ‘Business & Investment’ lalu membrowse ‘Outsourcing’ (jalan panjang) atau dapat langsung mengisi kolom search dengan kata ‘outsourcing’ dan click ‘go’ (jalan pendek)
3. Click 3 : Tik ‘outsourcing’ dan click ‘go’
• Akan terpapar keterangan bahwa mengenai buku yang ada hubungannya dengan ‘outsourcing’ tercatat ada 56 judul.
• Masing-masing judul disebutkan lengkap dengan pengarang, tahun penerbitan, harga, jenis cover, ada tidaknya review pembaca dan sebagainya.
• Anda dapat mencari keterangan lebih lanjut tentang sesuatu judul buku dengan membrowse judul yang bersangkutan untuk memilih buku mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
• Misalnya Anda ingin mengetahui lebih lenjut mengenai buku terbitan tahun 1999 berjudul ‘Strategic Outsourcing, A Structured Approach to Outsourcing Decisions and Initiatives’ karangan Maurice E.Greaver II, yang ditawarkan dengan harga $ 27,97 dan mendapat review bintang 5 (nilai tertinggi) dari beberapa pembaca
• Untuk itu Anda perlu click dibawah judul buku tersebut.
4. Click 4 : ‘Strategic Outsourcing dsb’
• Akan nampak gambar cover depan buku tersebut (yang dapat dibesarkan) dan beberapa keterangan sebagai berikut.
• List price $ 39.95
• Your price $ 27.97
• Saving $ 11.98 (30%)
• Availability : usually ships within 24 hours.
• Average customer review * * * * * :
• Isi tiap-tiap review tersebut.
• Keterangan lain.
• Apabila Anda memutuskan untuk membeli buku ini, maka perlu mengclick ‘add to shopping cart’
5. Click 5 : ‘add to shopping cart’
• Dalam tayangan berikutnya, isi sementara shopping cart Anda yaitu judul buku yang anda pesan, harga, sub total harga, jumlah buku yang dibeli dan sebagainya.
• Kalau Anda ingin membeli buku lain lagi, click ke ‘back’ dan ulangi proses seperti di atas. Apabila Anda memutuskan hanya membeli satu buku tersebut saja, maka click ke ‘check out’
6. Click 6 : ‘Check out’
• Anda perlu mengisi alamat e-mail Anda dan password yang Anda tentukan sendiri. Ini untuk keamanan dan akan digunakan setiap kali Anda akan memesan lagi barang-barang dari amazon.com
• Setelah selesai, Anda perlu lanjutkan dengan click ‘continue’
7. Click 7 : ‘Continue’
• Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi jenis, nomer dan data mengenai kartu kredit Anda untuk pembayaran dan alamat kemana pembayaran tersebut ditujukan.
• Dan disebutkan pula bahwa ada penjelasan pengamanan tertentu terhadap kartu kredit tersebut.
• Langkah selanjutnya click : ‘continue’
8. Click 8 : ‘Continue’
• Anda diminta alamat lengkap kemana barang yang dipesan akan dikirimkan dan apakah perlu dibungkus dengan bungkus kado atau tidak.
• Juga dimintakan cara pengiriman yang dipilih, yaitu pengiriman ekspress (mahal), cepat (biaya ekonomis) atau lambat (murah)
• Anda diberi tahu juga biaya pengiriman lain yang berbeda untuk setiap jenis barang dan setiap jumlah barang.
• Selanjutnya, click : ‘continue’
9. Click 9 : ‘continue’
• Tayangan dalam layar monitor komputer adalah semua data yang telah diberikan untuk mengecekan terakhir apakah sudah betul atau tidak.
• Apabila ada kesalahan perlu dibetulkan terlebih dahulu. Kalau semuanya sudah betul, perlu dipertimbangkan kembali apakah pesanan diteruskan atau tidak.
• Kalau diteruskan, maka click terakhir ialah : ‘order’
10. Click 10 : ‘order’
• Maka selesailah sudah proses pemesanan buku yang dimaksud
• Meskipun ada kurang lebih 10 langkah/click, tetapi pelaksanaanya sangat sederhana dan Anda dituntun sendiri langkah demi langkah oleh layar monitor.

Selanjutnya dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui internet mengenai penerimaan pesanan Anda tersebut dan kapan kira-kira barangnya akan dikirim. Apabila memang barangnya tersedia dalam persediaan, dalam waktu kurang dari 24 jam berikutnya, Anda akan diberitahu lagi bahwa barang telah dikirim dengan menggunakan perusahaan apa. Apabila anda menggunakan fasilitas pengiriman ekspres, tersedia sistem pelacakan dimana Anda dapat ikuti keberadaan barang tersebut setiap waktu secara terus menerus.

Kesimpulan
1. e-commerce menawarkan kesempatan seluas-luasnya untuk perbaikan dalam biaya dan produktivitas,
2. e-commerce adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyempurnakan manajemen dalam proses langsung, maupun tidak langsung dalam pencarian sumber pembelian,
3. strategi e-commerce yang efektif akan merupakan kunci keberhasilan dalam meningkatkan daya saing di waktu yang akan datang.

Ref:
• newsroom.cisco.com/dlls/2008/ekits/Third_Annual_Cisco_IBSG_E_commerce_Survey.pdf
• www.mikroskil.ac.id/~roni/ebook/REI%20eBook-ElectronicProcurement.pdf
• www.mikroskil.ac.id/~roni/ebook/REI%20eBook-ElectronicBusiness.pdf

No comments: